Desa-Desa Kawasan Pancamandala bekerjasama dengan Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa & Kawasan (BP2DK) menyelenggarakan Pelatihan Rencana Kegiatan Pemerintah Desa (RKPDes) dan Anggaran Pendapatan & Belanja Desa (APBDes). Dalam pelatihan tersebut, Solihin Nurodin, Manajer Pengorganisasian & Penjangkauan Desa BP2DK bertindak sebagai pemateri.

Pelatihan tersebut digelar pada Selasa, 24 Januari 2017 di Kantor Desa Papayan, Kec. Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Para pesertanya merupakan sekretaris dan kepala urusan perencanaan desa-desa se-Jatiwaras, termasuk lima desa di Pancamandala.

Dalam pelatihan tersebut, para perangkat desa dilatih untuk menyusun RKPDes dan APBDes desanya masing-masing. Mereka juga diajak untuk merencanakan pembangunan desa dengan lebih baik berbasiskan peta dan basis data desa.

Usai pelatihan, Solihin mengajak peserta untuk meninjau RKPDes dan APBDes tahun 2017 di desanya masing-masing. Selain itu, mereka juga didorong untuk menyusun RKPDes untuk tahun 2018 mendatang.

Solihin menyampaikan bahwa peningkatan kapasitas perangkat desa seperti ini harus dilakukan secara berkelanjutan. Selain itu, pelatihan juga sebaiknya dibuat secara tematik sesuai posisi perangkat desa. Solihin berharap, dokumen perencanaan desa yang baik mampu mempermudah proses integrasi pembangunan antara desa dan supra-desa.***

Keterangan Foto: Suasana Pelatihan RKPDes & APBDes desa-desa di Kec. Jatiwaras, Tasikmalaya, Jawa Barat. (Foto: Pancamandala)

Yudha P Sunandar

Village Knowledge Management Specialist di BP2DK. Penikmat jurnalisme dan angin sejuk sepoi-sepoi. Senang menuliskan kisah-kisah inspiratif dan mengunjungi desa-desa yang mengagumkan.

View All Posts

Related Post

Leave us a reply

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.