BP2DK bersama PSP3 IPB memperkuat kapasitas penyuluh DBT 2017 melalui Bimbingan Teknis DBT 2017. Kegiatan ini diselenggarakan secara pararel di 10 pusat kegiatan Bimtek DBT di Indonesia pada 2-11 November 2017. Dengan penuh semangat, 222 penyuluh DBT 2017 datang dan memetik berbagai pelajaran yang dipaparkan dalam acara bertajuk “Desa Berjejaring, Indonesia Kuat”.

Para penyuluh DBT 2017 sendiri merupakan masyarakat desa yang memiliki keterampilan TIK terbaik di desa-desa penerima program DBT 2017 masing-masing. Para penyuluh ini kemudian ditunjuk melalui musyawarah warga desa yang kemudian ditetapkan oleh Surat Keputusan Kepala Desa.

Peserta Bimtek DBT 2017 sendiri merupakan para penyuluh yang lokasinya paling dekat dengan pusat kegiatan BIMTEK. Adapun 10 pusat kegiatan tersebut, antara lain: Bandung, Jawa Barat; Makassar, Sulawesi Tenggara; Mataram, NTB; Kupang, NTT; Jayapura, Papua; Ambon, Maluku; Balikpapan, Kalimantan Timur; Medan, Sumatera Utara; Yogyakarta; dan Bandar Lampung.

Solihin Nurodin, koordinator program DBT 2017 untuk BP2DK menyampaikan bahwa selama Bimtek, para penyuluh mendapatkan penguatan seputar aplikasi Sistem Informasi Desa & Kawasan (SIDEKA) dan dasar-dasar pemetaan. Diharapkan, setelah kembali ke desanya masing-masing, para penyuluh bisa melakukan pendampingan ke aparatur desanya untuk mengimplementasikan SIDEKA.

Desa Broadband Terpadu 2017 sendiri merupakan program BP3TI Kementerian Komunikasi & Informatika yang memberikan infrastruktur internet berupa V-Sat ke 222 desa di seluruh Indonesia. Program ini ditujukan untuk membangun desa percontohan dalam konteks Platform Tata Kelola Desa berbasis TIK. Ke depannya, desa-desa tersebut akan menjadi acuan untuk mengembangkan konsep “one map, one data” di tanah air.

Meskipun pemilik program ini Kementerian Kominfo, tetapi program ini merupakan kolaborasi dari 5 kementerian dan lembaga. Selain Kementerian Kominfo, terlibat juga Kantor Staf Presiden, Kementerian Dagri, Kementerian Desa & PDT, serta Bapenas. Adapun sebagai pelaksana kegiatan ini adalah BP2DK berkolaborasi dengan PSP3 IPB.***

Yudha P Sunandar

Village Knowledge Management Specialist di BP2DK. Penikmat jurnalisme dan angin sejuk sepoi-sepoi. Senang menuliskan kisah-kisah inspiratif dan mengunjungi desa-desa yang mengagumkan.

View All Posts

Related Post

Leave us a reply

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.