BP2DK memberikan pelatihan tentang website desa dan Sistem Informasi Desa & Kawasan (SIDEKA) kepada aparat seluruh desa di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo. Kegiatan yang digelar pada 24-28 April 2017 ini diselenggarakan di ruang pelatihan Badan Kepegawaian, Pelatihan & Pelatihan Daerah (BKPPD) Kabupaten Pohuwato.

Pelatihan ini merupakan bagian dari rencana Pemerintah Kabupaten Pohuwato untuk membangun data berbasis desa. Data-data ini akan menjadi salah satu instrumen Pemerintah Kabupaten Pohuwato untuk memonitor perkembangan dan pembangunan di setiap desa. Selanjutnya, berdasarkan data ini, Pemerintah Kabupaten Pohuwato bisa memberikan penanganan yang tepat dan unik untuk masing-masing desa.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pohuwato, Djoni Nento, menyampaikan bahwa internet dan SIDEKA mampu meningkatkan transparansi desa-desa di Kabupaten Pohuwato untuk memperkuat pelayanannya kepada masyarakat. Bagaimana pun, sambung Djoni, internet dan TIK mampu meningkatkan efektivitas pelayanan dibandingkan cara-cara konvensional dan manual yang cenderung membuang-buang waktu, energi, dan uang. “Jadi, jangan sia-siakan keberadaan BP2DK di Pohuwato,” tandas Djoni, yang mewakili Bupati Pohuwato untuk membuka rangkaian acara pelatihan.

Irman Meilandi, Direktur BP2DK, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Pohuwato memiliki prakondisi bagi terwujudnya Pemerintahan Cerdas (Smart Government). Pasalnya, telah terjalin sinergi yang positif antara BAPEDA dan Dinas Kominfo Kabupaten Pohuwato untuk membangun fasilitas pendukung bagi terselenggaranya Smart Government. Terlebih lagi, Bupati Pohuwato mendukung penuh usaha untuk mewujudkan Smart Government di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pohuwato.

Lebih lanjut, Irman menyampaikan bahwa Pohuwato akan menjadi percontohan nasional sebagai kabupaten yang telah mengimplementasikan Smart Government di lingkungan pemerintahannya. Diharapkan, inisiasi ini sudah mulai bisa diimplementasikan pada Juni 2017 mendatang.***

 

 

 

Yudha P Sunandar

Village Knowledge Management Specialist di BP2DK. Penikmat jurnalisme dan angin sejuk sepoi-sepoi. Senang menuliskan kisah-kisah inspiratif dan mengunjungi desa-desa yang mengagumkan.

View All Posts

Related Post

2 Comments

    • Mas Yudha P Sunandar saya minta aplikasi SIDeKa Terbaru Bisa ngak..?

      kasimgaib
      8 Mei 2017, @ 15:39 Reply

Leave us a reply

*

*