Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa & Kawasan (BP2DK) menandatangani nota kesepahaman dengan Kantor Staf Presiden Republik Indonesia (KSP). Prosesi penandatanganan dilakukan oleh Teten Masduki selaku Kepala Staf Presiden dan Semuel Pangerapan selaku Ketua Pengurus BP2DK di Kantor Staf Presiden, Gedung Bina Graha, Jakarta, pada Kamis, 25 Agustus 2016.

Dalam nota kesepahaman tersebut, KSP dan BP2DK sepakat untuk melakukan kerjasama terkait agenda Membangun Indonesia dari Pinggiran, Keterbukaan Pemerintah, dan partisipasi publik dalam pembangunan. Lebih spesifik lagi, kerjasama tersebut memfokuskan diri pada agenda memperkuat desa dan kawasan sesuai dengan mandat Undang-Undang No 6 Tahun 2014 Tentang Desa, termasuk pengembangan Sistem Pengelolaan Pembangunan Desa.

Teten Masduki, Kepala Staf Presiden menyampaikan bahwa penyerapan dana desa masih belum tepat sasaran. Padahal, pemerintah akan menambah nilai dana desa pada tahun-tahun mendatang. “Diperlukan desa-desa yang menjadi model penyerapan dana desa yang baik, sehingga bisa direplikasi ke daerah lainnya,” ungkap Teten Masduki dalam pengantarnya sebelum prosesi penandantanganan nota kesepahaman.

Semuel Pangerapan, ketua pengurus BP2DK menyampaikan bahwa masyarakat pinggiran relatif siap untuk membangun dirinya. Kuncinya, mereka adalah subjek pembangunan desa, bukan objek. Ketua APJII 2012-2015 ini menyampaikan bahwa tahun lalu BP2DK melakukan pemberdayaan di 50 desa di perbatasan melalui sistem informasi desa. Hasilnya, para desa ini mampu membuat anggaran desa dan mengelola dana dari pemerintah pusat.

Lebih lanjut, pihaknya yakin bahwa gerakan membangun desa akan lebih cepat bila kementerian dan lembaga lainnya ikut aktif mendukung. “Kerjasama ini membuat pembangunan dari pinggiran bisa lebih cepat terealisasi,” urainya.***

Keterangan Foto: Prosesi penandatanganan nota kesepahaman antara Kantor Staf Presiden dan BP2DK. (Sumber: ksp.go.id)

Yudha P Sunandar

Village Knowledge Management Specialist di BP2DK. Penikmat jurnalisme dan angin sejuk sepoi-sepoi. Senang menuliskan kisah-kisah inspiratif dan mengunjungi desa-desa yang mengagumkan.

View All Posts

Related Post

Leave us a reply

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.