KUMBANG.DESA.ID – Guna memperkuat pemanfaatan informasi, Desa Kumbang, Kec. Masbagik, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, mengukuhkan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) pada Sabtu, 1 April 2017 di Kantor Desa Kumbang.

Dilansir dari Kumbang.desa.id, KIM memfokuskan diri untuk memecahkan masalah di desa berbasis informasi di internet. Pada praktiknya, KIM akan mengakses informasi dari berbagai sumber, kemudian mendiskusikannya dengan masyarakat untuk mencari solusi atas tantangan yang ada di desa. Dalam konteks ini, KIM berusaha untuk mendayagunakan pengetahuan dan informasi yang ada di internet untuk kebaikan masyarakat Desa Kumbang.

KIM Desa Kumbang sendiri merupakan bagian dari gerakan informasi masyarakat di Kabupaten Lombok Timur. Sebelumnya, sudah terbentuk 40 KIM di desa-desa di Lombok Timur pada rentang waktu 2009 hingga 2015. Ke depannya, KIM akan melibatkan berbagai elemen sosial di masyarakat, meliputi: pemerintah, swasta, media massa, serta lembaga masyarakat yang sejurus dengan visi KIM.

Dalam peresmian tersebut, hadir sebagai pembicara M Taufik, Kepala Desa Kumbang; Tapaul Khaer, Ketua Forkim Lombok Timur, serta Ridatul Yasa S, Kepala Diskominfo & Persandian Kab. Lombok.***

Sumber: http://kumbang.desa.id/2017/04/10/pengukuhan-kelompok-informasi-masyarakat-kim-desa-kumbang/

 

Yudha P Sunandar

Village Knowledge Management Specialist di BP2DK. Penikmat jurnalisme dan angin sejuk sepoi-sepoi. Senang menuliskan kisah-kisah inspiratif dan mengunjungi desa-desa yang mengagumkan.

View All Posts

Related Post

2 Comments

    • Semoga KIM yang ada di Desa Kumbang bisa mewakili Masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya terkait dengan informasi Desa dan sebagai wadah media informasi dan transparansi pemerintah desa kedepannya

      kumbang
      13 April 2017, @ 08:10 Reply

Leave us a reply

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.