Relawan TIK berkomitmen untuk menjadi agen perubahan informatika di desa. Komitmen tersebut akan mereka wujudkan dalam bentuk pengenalan literasi IT di desa-desa di seluruh Indonesia. Prinsipnya sederhana: melunakkan TIK supaya mudah dicerna dan digunakan oleh masyarakat desa.

Demikian laporan Ipan Zulfikri, Petugas Helpdesk & Website Desa Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa & Kawasan (BP2DK). Ipan mengikuti pertemuan Relawan TIK nasional dalam Festival Candori TIK di Yogyakarta pada 16-17 September 2016 lalu. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang didukung oleh Kantor Staf Presiden Republik Indonesia.

Lebih lanjut, Ipan menyampaikan bahwa Relawan TIK akan bertindak sebagai pionir TIK di desa-desa. Mereka akan membantu membangun sistem informasi desa sekaligus pelatihan komputer dan internet ke masyarakat desa. “Relawan TIK didorong untuk memberikan pencerahan tentang IT yang positif kepada masyarakat,” ungkap Ketua Relawan TIK Tasikmalaya ini.

Secara umum, dalam kegiatan tersebut, Relawan TIK juga diajak untuk mempromosikan produk desa dan wisata di dalamnya ke internet. Menurut Ipan, hal ini mendorong daya saing desa-desa di bidang pariwisata dan ekonomi.

Selain ajang berkumpul sesama Relawan TIK, menurut Ipan, Festival Candori TIK juga menghadirkan pemaparan tokoh-tokoh di bidang TIK untuk masyarakat. Misalnya saja budayawan Sujiwo Tejo. Beliau memaparkan bahwa IT harus mampu mempertahankan budaya Indonesia.

Hadir juga Budiman Sujatmiko, anggota DPR RI. Menurut Ipan, Budiman mengajak Relawan TIK untuk membantu membangun kemandirian desa, sehingga desa menjadi subjek pembangunan. Hal ini seperti yang diamanahkan oleh Undang-Undang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa.***

Keterangan Foto: Pembukaan Festival Candori TIK di Yogya. (Sumber: novawijaya.com)

Yudha P Sunandar

Village Knowledge Management Specialist di BP2DK. Penikmat jurnalisme dan angin sejuk sepoi-sepoi. Senang menuliskan kisah-kisah inspiratif dan mengunjungi desa-desa yang mengagumkan.

View All Posts

Related Post

Leave us a reply

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.