Jurnalisme desa merupakan salah satu materi yang dibahas dalam Bimtek Pengelolaan Sistem Informasi Desa Se-Kabupaten Tasikmalaya Gelombang I. Bimtek Gelombang I berlangsung sejak 27 Agustus 2018 sampai 13 Oktober 2018 dan diselenggarakan di Desa Mandalamekar, Kecamatan Jatiwaras, Kabupaten Tasikmalaya. Dalam pelatihan ini peserta menerima materi seperti prinsip-prinsip jurnalisme, teknik reportase desa, teknik wawancara, fotografi jurnalistik, manajemen redaksi, menduniakan desa dan lain sebagainya.

Mengapa materi jurnalisme dianggap penting dalam Bimtek Pengelolaan Sistem Informasi Desa?

Berbicara pemberdayaan tidak lepas dari berbicara soal akses, diantaranya adalah akses informasi. salah satu kesenjangan yang terjadi antara masyarakat desa dan kota adalah kesenjangan pengetahuan sebagai akibat dari kesenjangan akses terhadap pengetahuan atau informasi.  Ketika masyarakat memiliki akses terhadap informasi, maka masyarakat memiliki akses terhdap pengetahun yang akan membuat mereka menjadi masyarakat yang merdeka dalam menentukan nasib desanya. Dengan kata lain, akses terhadap informasi menjadi bagian penting dalam pemberdayaan masyarakat desa.

Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SIDeKa) hadir sebagai solusi untuk mengatasi kesenjangan informasi yang selama ini terjadi pada desa. Sistem Informasi Desa adalah sebuah platform teknologi informasi komunikasi untuk mendukung pengelolaan sumber daya komunitas di tingkat desa. Sistem Informasi Desa juga menjadi sebuah media informasi untuk mempermudah masyakat, pemerintah dalam mengakses dan menerima informasi tentang perkembangan desa.

Dalam Bimtek Pengelolaan Sistem Informasi Desa, peserta tidak hanya dilatih materi jurnalsme tetapi juga dibuatkan website desa. Harapannya adalah sekembalinya ke desa, peserta mampu dan mau memanfaatkan website tersebut sebagai media informasi yang dapat memberikan manfaat bagi seluruh elemen masyarakat dan pemerintah.

Di era globalisasi, teknologi informasi memiliki peranan yang sangat penting dalam menentukan kemajuan suatu bangsa. Teknologi informasi telah membuat masyarakat semakin mudah dan cepat dalam berkomunikasi dan memperoleh informasi yang berasal dari berbagai penjuru dunia. Dengan memanfaatkan website desa, maka berarti juga menduniakan desa. Informasi desa yang terus dimutakhirkan secara berkala dapat meningkatkan peluang sebaran informasi yang semakin luas dan dapat diakses oleh masyarakat dari berbagai belahan dunia.

Inilah salah satu peluang yang harus dimanfaatkan oleh desa di era globalisasi saat ini. Melalui ketermapilan jurnalisme dalam pengelolaan sistem informasi desa, potensi desa yang selama ini hanya dikenal di tingkat lokal kini memiliki kesempatan untuk dikenal di tingkat global. Selain itu, eksistensi potensi lokal penting untuk dipertahankan di era globalisasi saat ini atau yang sering dikenal dengan istilah glokalisasi. Dengan memanfaatkan dan memperkuat potensi lokal, maka kita tidak hanya menjadi penonton atau bahkan korban dari globalisasi, melainkan menjadi aktor yang memiliki peran signifikan terutama untuk kemajuan desa.

 

 

 

 

Attachments
  • img_3100-2
  • img_5066
  • img_6214

Related Post

3 Comments

    • Apa aja siarat nya??

      jona
      1 November 2018, @ 23:10 Reply
    • Bagaimana jka mau jdi pegiat di desa??

      jona
      1 November 2018, @ 23:09 Reply
      • saat ini sementara hanya untuk kabupaten tasikmalaya, dan syarat utamanya ada rekoemndasi dari kepala desa.

        Roedy Rustam
        2 November 2018, @ 17:55 Reply

Leave us a reply

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.