Senaning, Sintang – Internet merupakan teknologi yang sudah sangat penting dalam kehidupan modern sekarang ini, baik untuk pekerjaan, informasi, maupun hanya bermedia sosial. Seperti sarana internet yang diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika kepada Desa Senaning, Sintang, Kalimantan Barat.

Para operator sekolah di desa-desa tetangga Desa Senaning tengah menginput Dapodik melalui jaringan internet Desa Senaning. (Foto: Senaning.desa.id)

Keberadaan internet mempermudah kehidupan masyarakat perbatasan Senaning. Sebagai contohnya, para operator sekolah di Senaning dan desa-desa sekitar dapat menginput maupun menyelaraskan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Seperti yang disampaikan Daniel, Kepala SD Negeri 16 Sepan Peturau. “Saya sudah sangat tertolong dengan adanya internet,” ungkap Daniel ketika ditemui Pewarta Desa Senaning. “Saya sangat berterima kasih sekali kepada pemerintah,” lanjutnya.

Sebelum ada internet, Daniel menuturkan bahwa mereka harus datang ke ibu kota kabupaten yang berjarak ratusan Kilometer dari desa mereka masing-masing. Selama di perjalanan, mereka harus melalui jalan yang rusak. Tentunya, perjalan seperti ini membutuhkan biaya yang cukup besar untuk hanya mengakses Dapodik.

Daniel berharap pemerintah bersedia mengembangkan jaringan internet yang lebih luas di desa-desa lainnya di luar Senaning. Saat ini, setidaknya ada 12 desa yang operatornya kerap datang dan menggunakan internet di Desa Senaning. Desa-desa tersebut antara lain Sungai Pisau, Bekuan, Sepiluk, Aboi, Idai, Empunak, Sedangu, Nyelawai, Riam Sejawak, Jasa, Engkeruh, dan Rasau.

Para operator sekolah ini berharap kuota internet di Desa Senaning bisa ditambah. Pasalnya, jaringan kerap lambat bila pengunjung tengah ramai. Dengan kondisi seperti ini, tidak jarang mereka harus menunggu sampai subuh agar bisa mengirim data.

Anak-anak tengah belajar Origami di Taman Baca Desa Senaning. (Foto: Senaning.desa.id)

Internet & Taman Baca

Baru-baru ini, Desa Senaning juga mendapatkan buku dari Badan Perpustakaan, Kearsipan & Dokumentasi (BPKD) Provinsi Kalimantan Barat. Buku-buku melengkapi tempat internet sekaligus merubahnya menjadi Taman Baca Desa Senaning.

Taman Baca Desa Senaning memfasilitasi warga desa untuk belajar sekaligus mencari informasi yang mereka butuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anak sekolah sendiri kerap mengunjungi taman bacaan ini pada hari Minggu. Biasanya, mereka membaca buku dan mencari informasi terkait kegiatan belajar di sekolah melalui internet.

Menariknya, anak-anak belajar banyak hal di Taman Baca Desa Senaning. Sebagai buktinya, mereka sudah bisa merangkai kertas menjadi berbagai macam bentuk dengan mencari informasi tentang Origami. Mereka juga melakukan berbagai percobaan ilmiah sederhana. Tentunya, lagi-lagi mereka mempelajarinya dari internet.

Meskipun serba terbatas, tetapi kami senang bahwa ruang publik di Desa Senaning sudah mendatangkan manfaat bagi warga desa, khususnya bagi anak-anak. Sebuah capaian yang indah, walaupun dengan segala keterbatasan di tengah-tengah wilayah perbatasan.***

Reportase Senaning.desa.id dengan penyuntingan secukupnya

Related Post

Leave us a reply

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.