Tim Monitoring dan Evaluasi Lomba Desa dan Kelurahan  2019  berkunjung ke  Solo, senin, 30 agustus 2019  yang dipimping langsung oleh  Direktur Evaluasi Perkembangan Desa ( EPD ) Kementerian Dalam Negeri, DR. Eko Prasetyanto PP. S.Si, M.Si, MA.

Tim yang terdiri dari beberapa perwakilan antara lain, Dirjen Bina Pemerintahan Desa Kemendagri, BAKTIKOMINFO,  BP2DK dan Kasubdit Dinas  EPD Wilayah II,  diterima  secara langsung oleh Walikota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo

Setelah seremoni penyambutan yang bertempat di Rumah Dinas Wali kota Surakarta, rombongan langsung beranjak menuju Kelurahan Mangkubumen untuk melaksanakan agenda pertama, Kegiatan Monitoring Evaluasi Pasca Lomba Kelurahan Dan Desa terbaik Regional II (Jawa-Bali).

Dalam kesempatan tersebut Direktur Evaluasi Perkembangan Desa Kementerian Dalam Negeri memberikan  sambutan khusus kepada Kelurahan Mangkubumen yang menjadi wakil Jawa Tengah ditetapkan sebagai kelurahan terbaik di Indonesia dalam hal inovasi perkembangan desa dan kelurahan.

Rombongan Tim Monev Lomba Desa dan Kelurahan

Rombongan Tim Monev Lomba Desa dan Kelurahan

Direktur Evaluasi Perkembangan Desa ini juga meyakini bahwa prestasi yang diraih Kelurahan Mangkubumen berkat kerjasama yang baik dari seluruh masyarakat Mangkubumen maupun pembinaan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Surakarta, Dinas Terkait dan Camat. Untuk itu Direktur EPD  juga meminta agar kondisi yang sudah baik ini dapat terus dijaga dan dikembangkan kedepannya.

Mangkubumen sebelumnya sudah melalui jalan panjang menuju kompetisi ini. Lomba sudah dimulai antarkelurahan, kemudian meningkat antar kecamatan, tingkat kota, provinsi hingga Nasional.

Walikota Surakarta, F.X. Hadi Rudyatmo dalam sambutannya mengatakan, Ada 3 (tiga) inovasi yang dimiliki Mangkubumen, yaitu Mpok Sinah Klamben (Kelompok Seni dan Usaha Menengah Kelurahan Mangkubumen), Mangku Lawren (Mangkubumen Lawan Rentenir), dan Mangku Dolah (Mangkubumen Dolanan Bocah).

Sementara itu, Beni Supartono Putro, Lurah Mangkubumen mengaku penghargaan tersebut tidak akan membuatnya terbebani. Justru dengan ini, Pemkot Surakarta akan semakin termotivasi melakukan inovasi serta akan terus  meningkatkan  pelayanan dan  Pemberdayaan masyarakat serta semangat  gotong  royong kuat,

Attachments
  • 21
    21
  • 232
    232
Roedy Rustam

Pria Berdarah Bugis ini aktif melakukan Penguatan Kapasitas Masyarakat Desa, bertugas sebagai Koordinator Media Dan Informasi dan Penjangkauan di BP2DK yg berfungsi Untuk Membangun Penguatan Desa ...

View All Posts

Related Post

Leave us a reply

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.