Belakangan ini, kita mulai sering mendengar dan melihat cuitan di sosial media seputar dengan tambahan kata 4.0 ( Four Point Zero ) Mungkin masih banyak diantara kita yang masih mempertanyakan apa itu Pandu Desa 4.0 sebenarnya.

Apa Itu Pandu Desa 4.0 ?

Pandu Desa 4.0 adalah gerakan kepanduan yang menggabungkan kegiatan pemberdayaan Masyarakat dan Desa   dengan memaksimalkan pengunaan pemanfaatan   dan teknologi informasi  .  literasi digital dan diseminasi informasi serta pertukaran dan pemutakhiran data desa, sehingga    menjadi informasi  yang valid dan akurat  Seperti  Pengolahm Data kependudukan , Kemiskinan, pendidikan  dan  Informasi Pemanfataatan dan Potensi lahan.

Sejarah Kepanduan

Gerakan Kepanduan adalah sebuah gerakan pembinaan pemuda yang memiliki pengaruh mendunia. Gerakan kepanduan terdiri dari berbagai organisasi kepemudaan, baik untuk pria maupun wanita, yang bertujuan untuk melatih kecerdasan dan kecakapan pesertanya dan mendorong mereka untuk melakukan kegiatan positif di masyarakat.
Tujuan ini dicapai melalui program latihan dan pendidikan non-formal Kepanduan yang mengutamakan aktivitas praktis di lapangan

Internet of Things (IoT)

Internet dan Connectivity merupakan pemicu terjadinya Lahirnya Pandu Desa 4.0. Selain berhasil merubah proses alur distribusi komunikasi dan informasi , Internet dan Connectivity berhasil meningkatkan efisiensi Produksi konten dan juga behaviour manusia.

Bagaimana Internet dan Connectivity dapat berperan dalam sebuah Gerakan kepanduan ? “ Data ” adalah jawabannya. Salah satu hal yang sangat erat berkaitan dengan data adalah Internet of Things. Internet of Things merupakan upaya untuk membuat dan menghubungkan segala sesuatu yang ada menjadi sebuah “Data”, dan data inilah yang merevolusi kita dalam mengambil suatu keputusan, dan tindakan yang lebih efisien.

Perangkat IoT pada Pandu Desa 4.0 dikenal dengan Berupa Platform Tata Kelola SiDeKa yang berbasis Web base Internet of  Things, yang sangat berguna untuk melakukan pengumpulan  data pengolahan serta  monitoring secara internal sehingga meemungkinkan pihak pengguna data dan informasi dalam hal ini Pemerintah baik pusat,  Daerah dan desa untuk menyelidiki dan memiliki transformasi potensial menjadi Bahan utama dalam  Pengambilan kebijakan dan perencanaa Pembangunan.

Roedy Rustam

Pria Berdarah Bugis ini aktif melakukan Penguatan Kapasitas Masyarakat Desa, bertugas sebagai Koordinator Media Dan Informasi dan Penjangkauan di BP2DK yg berfungsi Untuk Membangun Penguatan Desa ...

View All Posts

Related Post

Leave us a reply

*

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.