Badan Prakarsa Pemberdayaan Desa & Kawasan (BP2DK) resmi memindahkan kantornya dari Tebet, Jakarta, ke Bubulak di Bogor, Jawa Barat sejak awal Februari 2017. Kepindahan ini ditujukan untuk memperkuat dukungan ke desa-desa dampingan BP2DK di seluruh Indonesia. Meskipun demikian, BP2DK tetap memiliki kantor perwakilan di Jakarta yang beralamat di Agro Plaza, Jakarta Selatan.

Irman Meilandi, Direktur Eksekutif BP2DK, menyampaikan bahwa keputusan ini menyesuaikan dengan strategi BP2DK untuk 2017 sampai 2019 yang akan memperkuat simpul-simpul saraf di tingkat provinsi, kabupaten, dan kecamatan. Strategi ini memerlukan fokus kerja yang lebih baik dengan tim yang lebih kokoh. Dalam hal ini, kantor BP2DK di Bogor memenuhi persyaratan tersebut.

Lebih lanjut, Irman menuturkan bahwa pemilihan lokasi di Bogor sendiri mempertimbangkan lokasinya yang masih relatif dekat dengan Jakarta. Alasan lainnya, suasana di Bogor masih sangat terasa desa sekali, sehingga memudahkan stafnya untuk memperkokoh visinya mengenai desa. Menariknya, kantor BP2DK di Bogor terbuat dari bahan kayu jati dan berbentuk Rumah Joglo. Persis seperti yang kerap ditemui di desa-desa di wilayah Jawa Tengah. Suasana ini diharapkan mampu membuat para tokoh-tokoh desa di Indonesia untuk datang dan berinteraksi lebih nyaman dengan BP2DK dibandingkan di gedung-gedung bertingkat atau hotel-hotel berbintang di kota-kota besar, seperti Jakarta.

Dengan kepindahan ini, kantor BP2DK terdapat di dua lokasi, yaitu: Jakarta dan Bogor. Di Jakarta, kantor BP2DK beralamat di Agro Plaza Lt. 12, Jln. HR Rasuna Said Kav. X-2 No. 1, Jakarta Selatan. Sedangkan di Bogor, kantor BP2DK beralamat di Blok Joglo A, Perumahan Pondok Surya Kancana, Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.***

 

Yudha P Sunandar

Village Knowledge Management Specialist di BP2DK. Penikmat jurnalisme dan angin sejuk sepoi-sepoi. Senang menuliskan kisah-kisah inspiratif dan mengunjungi desa-desa yang mengagumkan.

View All Posts

Related Post

Leave us a reply

*

*