Executive Director

Irman Meilandi

Irman Meilandi

Pria kelahiran Tasikmalaya ini menghabiskan separuh hidupnya di wilayah timur Indonesia. Setelah lulus dari Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Irman berkecimpung di bidang pemberdayaan masyarakat desa, mulai dari Sulawesi Utara hingga ke Papua Barat. Persentuhan ini membuat ayah 2 puteri ini kaya akan pengalaman membangun desa, khususnya di pedalaman dan kepulauan.

Deputi I - ICT & Knowledge Management

Dina Ardiyanti

Dina Ardiyanti

Berpengalaman menjadi pengacara buruh dan kelompok termarginalkan selama lebih dari 14 tahun. Selain itu, Dina juga pernah menjadi Manajer Program di 2 LSM yang berbeda dalam kurun waktu 7 tahun. Penyandang gelar Master of Arts dari Universidade Estadual de Campinas, Brazil, ini sangat tertantang sekaligus terkesan untuk melakukan penguatan di desa-desa perbatasan di seluruh Indonesia.

Deputi II - Village Institution & Organizing

Purwoko

Purwoko

Usai menyelesaikan pendidikannya di Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Purwoko konsisten mengabdikan dirinya dalam bidang pemberdayaan dan pengorganisasian masyarakat. Tercatat, selama kurun waktu 25 tahun, beliau pernah aktif di 28 lembaga di bidang kemasyarakatan. Saat ini, Purwoko tengah menyelesaikan jenjang doktoralnya di program studi Penyuluhan Pemberdayaan Masyarakat di almamaternya.

ICT & Knowledge Management

Berada di bawah koordinasi Deputi I - ICT & Knowledge Management. Pendukung proses pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk membangun desa.

Village IT Manager

Gozali Harda Kumara

Lulusan Teknik Informatika Institut Teknologi Bandung ini bergabung dengan BP2DK karena tiga hal: perangkat lunak, data, dan desa. Dia berharap ilmu yang dipelajari dari kuliah dan pekerjaannya bisa diimplementasikan ke desa secara rinci dan praktis.

Village Repository Knowledge & Journalism Specialist

Yudha P Sunandar

Penikmat jurnalisme dan inspirasi. Sosok yang satu ini sangat percaya bahwa jurnalisme inspiratif bisa mendorong masyarakat untuk membangun dirinya dan lingkungannya. Kesempatan bergabung di BP2DK memberikannya peluang untuk menyaksikan hal tersebut di masyarakat desa.

Village Communication Strategy Specialist

Alves Fonataba

Aktif dalam berbagai aksi solidaritas terhadap kemanusiaan dan Papua. Peneliti kebudayaan Melanesia ini juga merupakan dosen tamu di program studi Ilmu Religi & Budaya di Universitas Sanata Darma, Yogyakarta. Saat ini, penggiat videografi ini aktif menyuarakan keadilan untuk papua melalui forum kerjasama berjuluk Papua Itu Kita.

Village Website & Helpdesk Officer

Ipan Zulfikri

Pergerakan sosial sudah menjadi kesehariannya sejak duduk di bangku kuliah. Beberapa organisasi pergerakan tingkat Tasikmalaya pernah menjadi tempat beraktivitasnya, termasuk Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (LMND). Lulusan Hukum Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tasikmalaya ini kini aktif sebagai ketua Relawan TIK Tasikmalaya.

Village Mapping and GIS Officer

Heryana Ilyasa

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Village Institution & Organizing

Berada di bawah koordinasi Deputi II - Village Institution & Organizing. Pelaksana utama proses pemberdayaan di masyarakat desa dan kawasan.

Village Organizing & Outreach Manager

Solihin Nurodin

Ketertarikannya untuk membangun masyarakat ketika SMA membuatnya mengambil jurusan Pengembangan Masyarakat ketika kuliah di Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD), Bandung. Setelah lulus, Solihin memutuskan untuk aktif di beberapa organisasi pemberdayaan masyarakat di tingkat Jawa Barat. Sebelum bergabung di BP2DK, Solihin aktif sebagai Fasilitator Kecamatan PNPM sejak 2008 hingga 2014.

Village Cultural Specialist

Anung Karyadi

Sosok yang satu ini sudah malang melintang di bidang Good Governance di Indonesia. Peraih Magister Administrasi Publik dari Sekolah Paska Sarjana UNAS Jakarta ini pernah menjadi konsultan di beberapa lembaga, termasuk Kemitraan dan TI-Indonesia. Saat ini, dipercaya menjadi konsultan tata kelola perusahaan dan tim pelatihan dalam program PLN-Berintegritas.

Politic & Survey Specialist

M Jabir

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Village Environment Specialist

Erik Triadi

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat.

Local Government Liason Specialist

Zaidirina Wardoyo

Desa sudah menjadi kehidupan mahasiswi doktoral Fakultas Ekonomi & Bisnis Universitas Lampung ini. Hal tersebut salah satunya tampak dari keseriusannya untuk mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Badan Usaha Milik Antar Desa (BUMADes) di Tulang Bawang, Lampung. Kini, Zaidirina dipercaha sebagai Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan & Sumber Daya Manusia Kabupaten Tulang Bawang, Lampung.

Village Regulation and Liason Officer

Farid

Berpengalaman menjadi Kepala Desa Kertarahayu, Tasikmalaya, selama 13 tahun. Sosoknya yang ramah, visinya yang besar, dan kerjanya yang keras membuat sarjana hukum ini diidolakan rakyatnya. Kini, Farid memutuskan untuk mengabdikan dirinya dalam membantu desa-desa di tanah air agar mampu membuat produk hukum yang mensejahterakan masyarakat desa.

Agragria Reform Officer

Andi Supriyadi

Masyarakat desa harus mendapatkan keadilan agraria agar mampu mandiri dan sejahtera. Hal inilah yang membuat Andi konsisten memperjuangkan lahan untuk petani desa di Jawa Barat melalui Serikat Petani Pasundan (SPP) sejak tahun 2000 hingga hari ini. Konsistensi lulusan STISIP Tasikmalaya inilah yang membuatnya terlibat dalam membangun desa-desa di Indonesia melalui BP2DK.